English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selamat Datang di Website Darwis Roland Semoga Dapat Membantu Anda | Jangan Lupa Like dan Tinggalkan Kritik dan Saran Anda Pada Kotak Pesan Disamping Kanan |

Sunday 29 January 2012

A. Mengenal Ms. PowerPoint 2010



A. Mengenal Ms. PowerPoint 2010

Micorosoft PowerPoint 2010 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara elektronik yang hkital. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, objek gambar, clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain.Program ini pun dapat di cetak secara langsung menggunakan kertas, atau dengan menggunakan transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui Overhead,serta dapat dicetak untuk ukuran slide film. Apabila dibutuhkan dibagikan kepada audiens sebagai bahan pendukung dalam presentasi,maka kita dapat mencetaknya seperti notes, handout dan outline. Kita juga dapat menampilkan presentasi secara online baik melalui internet maupun intranet. Tampilan Ms. PowerPoint 2010 mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan versi sebelumnya. Pada dasarnya semua tools yang ada pada Ms. PowerPoint 2010 juga ada versi yang belumnya, tetapi tampilannya sangat berbeda dan terdapat beberapa fitur tambahan. Jika Kita telah menguasai Ms. PowerPoint sebelumnya, maka Kita akan lebih mudah untuk mempelajari kembali penggunannya pada Ms. PowerPoint 2010.
B. Mengaktifkan Ms.PowerPoint
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Ms. Power Point 2010 yang ada di komputer Kita.. Pengaktifan Ms. Power Point 2010 ini bisa dilakukan dengan langkah berikut :
Klik START, pilih All Program, pilih Microsoft Office, dan kemudian klik Microsoft Power Point.

Posisi menu bisa saja tidak sama antara satu komputer dengan komputer lainnya. Jika Kita sudah membuat shortcut dan menempatkannya pada desktop, maka Kita dapat mengaktifkan Ms. PowerPoint 2010 dengan mengklik (double click) icon shortcut tersebut.
C. Lembar Kerja Ms.  PowerPoint
Seperti telah disampaikan di atas, tampilan lembar kerja Ms. PowerPoint 2010 berbeda dengan Ms. PowerPointsebelumnya (mis:Ms.PowerPoint 2003), begitu juga dengan
penggunaan istilahnya.Berikut adalah Lembar Kerja Ms. PowerPoint 2010

Di bawah ini  Tool in Ms. PowerPoint 




D. Fungsi dari Tools dalam Ms. PowerPoint 2010

Terdapat perbedaan istilah  yang  digunakan  Ms. PowerPoint 2010 dibandingkan versisebelumnya,antara lain penggunaan istilah Ribbon Tabs untukmenggantikan menubar dan Ribbon untuk kumpulan toolbar (tools group).
1. Fungsi Utama Tombol Ms. Office (Ms. Office Button)

Ms. Office Button berisi fungsi-fungsi utama dari File, antara lain : New, Open, Save, Save as, Print, Prepare, Send & Send dll.  Dibawah ini  gambar  Fungsi Ms. Office Button.
2.Quick  Access  Toolbar
Berisi  shortcut  untuk  fungsi  Save, Undo,and Repeat.Shortcut  ini dapat ditambah dengan mengklik panah di sebelah kanan. Dibawah ini menu bar Quick Access Toolbar.





Jika  kita  mengaktifkan  seluruh  menu  yang  ada  di  pilihan  Customize  Quick  Access  Toolbar, maka shortcutnya akan aktif pada Quick Access Toolbar, seperti gambar berikut ini :










3. Ribbon Tabs
Setiap  Ribbon  Tab  akan  menampilkan  Ribbon  yang  berisi  beberapa  set  dari  Tool  Groups.Ribbon  tabs  dalam  Ms.  PowerPoint  2010  antara  lain  :  Home,Insert,  Design,  Animations, Slide Show, Review, dan View.  Di bawah ini gambar  Ribbon Tabs. 

a. Ribbon Tab Home
Pada gambar  di atas , pilihan pada Ribbon Tab Home, kemudian akan muncul Ribbon yang terdiri  dari  beberapa  tool  group,  antara  lain  :  Clipboard,  Slides,  Font,Paragraph,  Drawing dan Editing, yang berfungsi untuk mengatur format slide dan isinya.
  • Clipboard, terdapat tombol copy, paste, cut, dan format painter.
  • Slide, terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
  • Paragraph, terdapat  tombol untuk mengatur perataan (alignment),bulletand numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
  • Drawing,  terdapat  tombol  Text  Box,  Austoshape,  Arrange,  Quick  Styles,  Shape  Fill, Shape Outline, dan Shape Effects. 
  • Editing, terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select
b. Ribbon Tab Insert
Ribbon tab Insert terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
  • Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Kita.
  • Illustrations, terdapat tombol-tombol yang bisa Kita gunakan untuk menyisipkan gambar,clipart,photo album,shapes,smartart,danchart (grafik).
  • Links, tombol-tombol pada tool group ini dapat digunakan untuk membuat link pada slide.
  • Media Clips, untuk memperkaya tampilan slide Kita, maka kita dapat menambahkan file sound (suara) atau movie (film).

c. Ribbon Tab Design

Jika  kita  mengklik  Ribbon  tab  Design,  maka  akan  muncul  Ribbon  dengan  beberapa  tool group, antara lain : Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk mendesain slide Kita.
  • Page Setup, terdapat tombol untuk mengatur orientasi dari slide,apakah kita akan menggunakan orientasi portrait atau landscape.
  • Themes,  Kita  bisa  menggunakan  pilihan  desain  yang  sudah  disiapkan  oleh  Ms.Power Point 2010 untuk slide Kita.

  • Background,  untuk  memperindah  slide yang  Kita  buat,  kita  bisa  menata  latar belakang slide Kita dengan menggunakan menu pada toolgroup ini.

d. Ribbon Transitions 

Pada Ribbon Tab Transitions, Kita bisa menambahkan berbagai macam bentuk Transisi / perpindahan pada slide Kita. Terdapat 3 tool group yang 6ias Kita gunakan, antara lain :
  • Preview untuk melihat hasil perpindahan slide. 
  • Transition ti This slide untuk pilihan transaksinya.
  • Timing untuk mendripsikan waktu perpindahan slide.


e. Ribbon Tab Animations
Pada Ribbon Tab Animations, Kita bisa menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada slide Kita. Terdapat 3 tool group yang bisa Kita gunakan, antara lain :
  • Preview, tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Kita berikan untuk slide ita.
  • Animations,  Kita dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
  • Transition  to  This  Slide,  untuk  memebrikan  slide  pada  perpindahan  slide yang Kita buat.


f. Ribbon Tab Slide Show
Ribbon Tab Slide Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
  • Start SlidE Show, untuk menentukan dari mana slide Kita dijalankan, apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show) atau pilihan Kita sendiri (custom slide show). 

  • Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk
    menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration) dan menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.

  • Monitors, Kita bisa mengatur resolusidari slide presentasi Kita pada tool group ini.




g. Ribbon Tab Review

Terdapat tiga tool group pada Ribbon Tab ini, antara lain :

  • Proofing, digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang  Kita buat di slide.
  • Comments, Kita bisa memberikan catatan pada slide yang Kita buat. 
  • Protect, Kita bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Kita buat.







h. Ribbon Tab View

Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain : 
  • Presentation  Views,  pada  bagian ini  Kita  dapat  melihat  keseluruhan  dari  slide  yang telah  Kita buat.  Kita  bisa  melihatnya  secara  normal,  slide  sorter,  notes page,  dan slide show.  Selain  itu  Kita  juga  dapat membuat slide Master sesuai  dengan  desain yang Kita inginkan. 

  • Show/Hide,  untuk  membantu  Kita  dalam  membuat  slide  presntasi,  Kita  bisa
    menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).  

  • Zoom, Kita dapat memperbesar ukuran slide yang Kita buat atau secara normal.  
  • Color/Grayscale, Pada bagian ini kita dapat menentukan apakah slide yang Kita buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale). 

  • Window,  Kita  manata  tampilan  window  PowerPoint  apakah  secara  cascade,  split, atau berpindah ke window lain. 


I. Dialog Box Launcher















Apabila Kita meng-klik Dialog Box Launcher berupa panah kecil di sudut sebalah kanan bawah tools Group, maka akan teruka Dialog Box yang mempunyai pilihandan setting dari toolgroup tersebut.
re

1 comments: