English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selamat Datang di Website Darwis Roland Semoga Dapat Membantu Anda | Jangan Lupa Like dan Tinggalkan Kritik dan Saran Anda Pada Kotak Pesan Disamping Kanan |

Thursday 18 December 2014

Janjiku pada IBU



Memang kadang hidup itu tak sempurna dan seindah yang kita inginkan. Tapi apa daya kita sebagai manusia hanya bisa menerima takdir dari tuhan dan selalu berusaha. Cerita ini berawal dari hidup ku yang hidup dari sebuah keluarga yang sederhana. Orang tua ku memberiku nama Putri, ayah memberi ku nama Putri karena alasan, aku adalah anak perempuan satu-satunya dari dua bersaudara. Aku hidup disebuah desa di daerah sumatra selatan yaitu sebuah desa yang bernama Betung, ayah dan ibu adalah asli orang Komring. Mungkin kalian banyak yang belum tau suku Komring, suku Komring adalah suku asli dari sumatra selatan yang sangat kental dengan budayanya.

Memang benar kata ku sebelumnya, hidup tidak lah sempurna dan seindah yang kita inginkn. Itu terbukti orang yang sangat aku sayang dan cinta, yaitu ibuku meningalkan kami sekeluarga untuk selamanya karena penyakit yang sudah bersarang lama ditubuhnya. Memang berat rasanya untuk terima dan ikhlas dengan kematian ibuku, saat itu aku masih duduk di kelas dua SD. Teringat semua kenangan dengan ibu yang tidak mungkin ku lupakan terutama pesan terakhir dari ibu yang memang terasa aneh bagiku, mungkin ibu sudah merasakan bahwa hidupnya sudah tak lama lagi.
" Menjadi perempuan bukan lah mudah, banyak yang harus kau jaga, tahu kan?,jadi haga dirimu dan jaga juga adikmu" kata ibu pada ku saat itu, dan ku hanya menganggukan kepala.
" Dan satu lagi ibadah adalah bekal kita nanti, jadi jangan lah kau lalaikan perintah agama" begitu lanjut ibu.
Terkenenang semua kenangan itu tanpa terasa air mata turun dari mata ku mengalir bagaikan derasnya sungai yang membanjiri pipiku. Dalam hati ku berjanji.
" Baik bu semua pesanmu pasti akan teringat dan ku terapkan dalam hidup ku ini".

            Telah seminggu sudah ibu meninggalkan kami sedih masih menyelimutiku,
kala teringat pada ibu. Terutama saat ku melihat adikku yang masih kecil, rasa iba ku pun menjadi tangis dalam hidupku, akan kah aku bisa membahagiakanya.
" Rohman sini dulu." panggil ku pada adiku.
" Iya kak rohman kesitu"katanya.
" Kamu yang kuat ya sayang kakak pasti akan menjaga mu dan menjadi ibu ke-dua buat mu"kata ku pada rohman.
" iya kak terima kasih, kapan ya kak kita bsa ketemu lagi dengan ibu, rohman rindu sekali dengan ibu?" tanyanya dengan polos.
Aku yang mendengarpun semakin terpukul dan menangis sambil memeluk adikku erat-erat.
" Sebetulnya kakak juga rindu dengan ibu, tapi sekarng belum saatnya kita ketemu dengan ibu. Tugas kita sekarang adalah menjadi anak sholeh sehingga bisa mendo'akan ibu dari sini".

Hal yang aku takutkan pun terjadi, ayah akhirnya memutuskan untuk menikah lagi dengan perempuan pilihanya. Dengan alasan akan ada yang mengurus rumah sekaligus menjadi ibu baru buat kami. Sempat ku merasa tidak terima dengan menikahnya ayah tapi apa daya, semua keinginan ku pun tak mungkin akan terwujujud. Akhirnya kamipun harus terima kalau kami punya ibu tiri. Seperti yang aku takuti dulu ternyata setelah beberapa bulan ayah menikah dengannya, semua kejelekan dan kekejaman ibu tiri kupun terlihat semua. Akupun sering dimaki-maki tanpa alasan yang pasti, apalagi dia selalu menjelek-jelekan ku didepan ayah. Ayah yang tak tau apa-apapun sudah pasti memarahiku. Hingga suatu hari ayah memberi keputusan yang sangat ku tidak terima. Aku harus di berhentikan sekolah dengan berbagai alasan yang, saat itu sekolahku harus putus di kelas empat SD.
" Sanak bay donti, ahirna begawina dilom dapur, jadi guai api haga sekolah. Lagi pula ekonomi kita mak sanggup haga nyekolahko niku." begitu kata ayah menggunakan bahasa komring yang artinya
" Anak perempuan akhirnya nanti juga akan kerja didapur, jadi buat apa kau sekolah. Lagi pula ekonomi kita tak sanggup untuk menyekolah kan mu".
Aku yang tak berdayapun hanya bisa terima kenyataan dan menangisi keadaan. Sempat ku berpikir apakah semua ini hasutan jahat dari ibu tiri ku, tapi sudah lah nasi sudah menjadi bubur aku harus terima semua kenyataan ini.

            Hingga suatu hari merasa diriku sudah tidak berguna jika hanya diam dirumah dan hanya akan membuatku menderita makan hati karena cacian ibu tiriku. Aku akhirnya memutuskan untuk pergi dari rumah dan ikut nenek untuk mencari kerja di kota dimana nenek tinggal. Memang berat rasanya apa lagi aku harus meninggalkan rohman dirumah dengan ibu tiriku, namun harus berani kujalani, kan akhirnya ku bekerja hasilnya untuk adiku juga ,agar nasibnya tidak akan sama dengan ku.
" Man, kakak pergi dulu ikut nenek untuk cari kerja" kataku pada rohman sambil menangis, yang saat itu dia duduk di kelas 5 SD.
" Tapi nanti siapa yang menemani rohman, kak? " tanyanya.
" Tenang saja kan dirumah ada ayah dengan ibu ditambah sebentar lagi kita punya adik baru, jadi kamu harus patuh dengan ayah dan ibu". Lanjut ku pada rohman.
"Tapikan jelas berbeda dengan kakak" rohman menjawab sambil meneteskan airmatanya.
" Sudah jangan mengeluh dan menangis lagi kamu kan laki-laki jadi gag boleh menangis. Nanti kalau kakak pulang, kakak belikan mainan buat rohman tp rohman harus janji rajin belajar dan ibadahnya tidak boleh lalai, buat kakak bangga" kata ku pada rohman sambil menangis.
" Baik lah kak tapi kakak juga tidak boleh menangis lagi dan jangan lupakan rohman ya?". Jawab rohman.
" Tentu saja sayang kakak akan selalu ingat dengan mu" kataku pada rohman sembari mengusap air mata ku dipipi. Akhirnya aku meninggalkan rumah dan pamit pada ayah dan ibu, teringat selalu wajah rohman selama diperjalanan tanpa ku sadari air mata menetes dari mata ku.
" Aku harus tegar demi rohman dan menepati janjiku pada ibu" kata ku dalam hati.


Tanpa terasa empat tahun sudah kepergian ku dari rumah untuk bekerja. Kadang ku mengambil libur untuk menjenguk rohman, dan tentu saja gajih yang kuhasilkan dari bekerja ku sisihkan untuk uang sekolah rohman. Masih teringat saat ku belikan dia mobil mainan yang tidak seberapa harganya, terlihat senyuman kebahagiaan dari wajahnya yang membuatku selalu menangis bila mengingatnya karena kebhagianya adalah kebahagianku juga. Tanpa terasa pula rohman sudah menginjak kelas tiga SMP, yang berarti dia akan segera lulus dan akan melanjutkan sekolah keSMA. Sempat aku mendengar percakapan ayah dengan ibu tiriku saat aku pulang kerumah , bahwa setelah rohman lulus SMP nanti tidak akan dilanjutkan sekolahnya. Dengan alasan terbatasnya ekonomi, diambah kedua adikku dari ayah dan ibu tiri sudah mulai mengenyam pendidikan. Jadi kemungkinan besar rohman tidak akan melanjutkan sekolah. Teringat ku pada janjiku dengan ibu untuk menjaga rohman, sehingga ku putuskan untuk menyekolahkanya kelak dengan jerih payahku sendiri.

Tanpa terasa akhirnya rohman lulus dari SMP, mendengar kabar itu aku putuskan untuk libur bekerja untuk beberapa hari. Sesampai dirumah aku mendengar bahwa rohman menangis karena tidak diijinkan untuk melanjutkan sekolah. Hati ini sangat terpukul mendengarnya, akhirnya aku putuskan memberanikan diri untuk membawa rohman kekota untuk aku sekolahkan.
" Rohman sudah jangan menangis lagi, kamukan laki-laki jadi harus tegar dan jangan mudah nangis" kata ku pada rohman yang sedang menangis dikamar.
"Iya kak tapikan rohman masih mau sekolah" katanya sambil tersedu-sedu.
" Ya sudah jangan menangis lagi, nanti kamu ikut kakak kekota dan kakak usahakan kamu kakak sekolahkan" kata ku pada rohman sembari memeluknya.
" Benar ya kak?, rohman janji akan bantu kakak dan patuh dengan kakak " katanya pada ku.
" Iya tentu saja, nanti kakak yang minta ijin pada ayah" lanjut ku pada rohman.

Akhirnya aku minta ijin pada ayah membawa rohman kekota untuk sekolahkan, lagi pula rohman lulus dari SMP dengan nilai terbaik disekolahanya, jadi akan sangat rugi bila memberhentikan rohman sekolah padahal dia sangat berbakat dan pintar.

            Hingga suatu hari aku menikah dengan orang yang aku sayangi. Yang membuat ku bersedia dia menyunting ku, karena dia juga bersedia untuk membantuku menyekolahkan rohman. Sebut saja namanya adalah parlan, parlan adalah seorang lelaki yang sangat berbeda dengan laki-laki lain, yang lebih penting dia adalah imam yang sangat pantas buat keluarga karena dia termasuk orang yang sholeh. Setelah dua tahun menikah kami memiliki seorang anak laki-laki yang kami beri nama Paris. Tanpa terasa juga rohman sudah lulus dari SMA dengan nilai yang terbaik di Sumatera Selatan. Perasaan bangga menjadi kakaknya memang tak bisa terhitung lagi, jerih payahku menyekolahkanya pun sudah terbayarkan dengan keberhasilanya.

Karena nilai rohman yang sangat baik itu, akhirnya dia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun, karena semuanya sudah ditanggung pemerintah Sumatra Selatan. Sehari sebelum rahman pergi kejakarta aku sempat bicara empat mata dengannya.
" Terima kasih , atas bersedianya kakak menjadi ibu ke-dua buat rohman, sehingga rohaman menjadi begini" kata rohman pada ku.
" Sudahlah kakak sudah merasa terbayar dengan semua prestasi yang kau berikan ini" kataku pada rohman sambil meneteskan air mata.
" Tapi rohman merasa belum seberapa, dengan apa yang kakak berikan selama ini, suatu hari nanti setelah rohman menjadi orang sukses, rohman berjanji akan membahagiakan kakak dan tidak akan ada airmata lagi dihidup kakak." kata rohman pada ku sembari mengusap airmataku.
Air mata ku pun mengalir membasahi pipi walau telah diusap oleh rohman, dan ku peluk adikku sampai hati ini merasa puas. Hari dimana rohman akan pergi ke-Jakarta pun tiba, sedih bercampur bangga menjadi satu, do'a akan selalu menyertai adikku tersayang yang selamanya akan selalau begitu. Janji pada ibu pun terasa sudah sedikit terbayar, aku harap kelak rohaman dan anak ku paris menjadi orang yang sukses dan hidupnya selalu bahagia. Aku tidak mau, bila nasib orang yang aku sayangi, terutama anak ku kelak sama nasibnya sepertiku yang selalu dihantui oleh penderitaan. re

0 comments:

Post a Comment