A. Pengertian Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
ATM dalam
bahasa Inggris dikenal dengan Automatic Teller Machine, atau dalam bahasa
Indonsia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merukan alat elektronik
yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan
untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang
dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller.
Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau
nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM Lalu
apa beda kartu ATM dengan kartu Debit.[1]
Perkembangan teknologi mempengaruhi
kesegala aspek, termasuk perkembangan teknologi perbankan yang tujuannya
memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah dan memberikan kemudahan
dalam melakukan transaksi. Seiring perkembangan waktu, dimana terjadi
perkembangan transaksi ekonomi, maka kebutuhan nasabah akan kemudahan melakukan
transaksi semakinmeningkat. Untuk menunjang kebutuhan nasabah tersebut
maka pihak bank mengeluarkan produk-produk perbankan kepada nasabah (baik
nasabah dari bank tersebut maupun dari bank lain) untuk melakukan
transaksi perbankan melalui media elektronik.
Media elektronik yang digunakan adalah
mesin ATM, internet banking, maupun handphone. Dalam skripsi ini khusus
membahas salah satu media elektronik perbankan yaitu mesin ATM dan
pelayanannya.
Pelayanan ATM adalah layanan perbankan
yang dilakukan melalui mesin ATM (Automatic Teller Machine) yang dapat melayani
selama 24 jam, guna melakukan transaksi perbankan meliputi penarikan tunai,
inquiry saldo (informasi saldo) rekening tabungan, setoran tunai (melalui
mesin CDM) dan melakukan berbagai jenis.[2]
Dari pengertian asli ATM yakni Automatic
Teller Machine kita bisa simpulkan bahwa mesin ATM adalah sebuah mesin yang
secara otomatis bekerja menggantikan peran dari teller yang sering kita jumpai
di bank baik untuk urusan setor tunai, tarik tunai, membayar ini, itu, dsb.
Jadi dengan hadirnya mesin ATM ini, maka kita tidak perlu lagi harus bertemu
teller bank setiap kali membutuhkan jasa perbankan. Dan fungsi pertama mesin
ATM diciptakan memang untuk menarik uang tunai.
Kartu ATM adalah kartu plastik yang
paling banyak diterbitkan. Kartu ATM juga merupakan kartu yang paling banyak
dimiliki oleh masyarakat. Mengapa demikian? Karena hampir semua bank mulai dari
bank asing, bank pemerintah, bank swasta nasional sampai bank pembangunan
daerah (BPD) pun menerbitkan kartu seperti ini. Memiliki kartu ini pun
sangatlah mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah menabung di sebuah bank dan
mengajukan kepemilikan kartu.
Kartu ATM bukanlah kartu wajib yang
harus dimiliki seorang nasabah pada saat mereka membuka tabungan. Kita bisa
saja menolak atau memilikinya tergantung kepada keperluan kita masing-masing.
Tetapi karena kegunaannya yang multifungsi, sudah dipastikan semua nasabah
pasti membutuhkan kartu ATM ini. Kartu ATM menjadi salah satu daya tarik untuk
menabung di bank. Boleh dikatakan bank yang tidak memiliki produk kartu ATM-nya
pasti tidak akan laris di pasaran. Tidak akan ada orang yang bakal mau menabung
di bank tersebut. Misalnya pas lagi membutuhkan uang tunai, e..tidak bisa
mengambil uang karena kantor bank sudah tutup atau berada di tempat yang
terlalu jauh. Untuk itulah kartu ATM ini diterbitkan agar memudahkan nasabah
untuk mengambil tunai kapan saja di mesin ATM mana saja.
Dari namanya saja Anjungan Tunai
Mandiri, maka kita dapat mengerti bahwa kartu ATM ini fungsi utamanya adalah
sebagai kartu yang bisa kita pergunakan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM
tersebut. Jadi tidak perlu lagi antri di bank yang begitu lama, harus menempuh
jarak yang begitu jauh untuk mencapai kantor cabang sebuah bank, dsb. Belum
lagi kita keadaan mendesak di malam hari di mana bank sudah pasti tidak buka.
Dengan kartu ATM, kita cukup mencari lokasi ATM terdekat dan bisa saja
itu berada di perempatan jalan yang ramai, pusat perbelanjaan seperti mal,
plaza, pusat bisnis, samping kantor kita, samping kantor polisi, dsb. Mesin ATM
pun beroperasi 24 jam nonstop terkecuali pas lagi ada gangguan sistem atau
pemeliharaan sistem jaringan.
Karena fasilitas dan menu sebuah mesin
ATM terus bertambah, dalam perkembangan berikutnya mesin ATM bukan saja sebagai
tempat menarik uang tunai, tetapi sudah menjadi semacam bank kecil yang
otomatis dengan berbagai fungsi dan kelebihan. Dengan kartu ATM inilah kita
bisa mengakses semua fasilitas perbankan yang ada, yang juga ditampilkan dalam
menu-menu mesin ATM. Baik mau transfer uang kepada rekan bisnis, tarik uang
kontan, cek saldo, membayar tagihan cicilan mobil, membayar listrik, membayar
biaya telepon, membeli pulsa, dsb. Karena fungsinya yang semakin lengkap inilah
membuat semua nasabah pasti membutuhkan kartu ATM.
Dengan demikian dapat kita simpulkan
bahwa kartu ATM adalah kartu plastik yang diciptakan untuk memudahkan nasabah
mengambil uang tunai di mesin-mesin ATM yang ada. Dan tentunya pengambilan uang
tunai ini membuat saldo tabungan nasabah berkurang dengan sendirinya. Dalam
perkembangan berikutnya seiring menu mesin ATM yang bertambah, kartu ATM pun
bisa memiliki fungsi yang terus bertambah.
B. Penemu Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Beberapa percaya bahwa Luther George
Simjian adalah penemu karena idenya datang lebih dulu. Beberapa percaya
itu Don Wetzel, setelah semua, dia punya paten dipamerkan di Museum of American
History untuk membuktikannya. Yang lain, termasuk Ratu Inggris, mengatakan
bahwa penemu adalah John Shepherd-Barron. John D. Putih telah menghubungi ATM
machine.com, mengirimkan salinan paten, dan memberikan bukti yang meyakinkan
bahwa ia adalah penemu.
James Goodfellow dari Skotlandia juga
menghubungi ATM machine.com dan memberi kami account-nya,, termasuk salinan
paten. Yairus Larson dihubungi ATMmachine.com dan, meskipun ia tidak
menemukan ATM, dia mengembangkan pertama "on-line" ATM.
Karena paten pada ATM tidak pernah
diterapkan untuk sampai bertahun-tahun setelah Mr Simjian, kebingungan pada
penemu masih ada. Salah satu alasan untuk kebingungan adalah bahwa John
Shepherd-Barron tinggal di Inggris dan James Goodfellow di
Skotlandia. Sementara yang lainnya tinggal di Amerika Serikat. Saya
akan menyajikan semua fakta dan bukti yang saya tahu itu di halaman ini,
sementara yang singkat.
]
1. Luther
George Simjian
Pada tahun 1930-an, Luther George
Simjian mulai membangun versi sebelumnya dan tidak begitu sukses ATM. Dia
mendaftarkan paten terkait. Dia awalnya datang dengan gagasan untuk
menciptakan sebuah "hole-in-the-wall-mesin." Ini akan
memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan, tanpa memasuki
bank. Ide ini bertemu dengan banyak keraguan. Mulai tahun 1939,
Simjian mendaftarkan 20 paten yang berkaitan dengan perangkat dan membujuk apa
yang sekarang Citicorp untuk memberikan pengadilan. Setelah enam bulan,
bank melaporkan bahwa ada permintaan sedikit.
2. John
Shepherd-Barron
John Shepherd-Barron punya ide di tahun
1960-an untuk dispenser 24/7 tunai. Dia adalah managing director dari De
La Rue Instruments. De La Rue hari memproduksi dispenser uang
tunai. Ada De La Rue cash dispenser pada 1 dari setiap 5 mesin ATM yang
dibangun. Jika Anda ingin mengatakan bahwa Shepherd-Barron menemukan ATM,
maka ATM pertama di dunia yang dipasang di luar London Utara. Itu dipasang
di cabang Bank Barclays pada tahun 1967. Belakangan tahun itu,
Shepherd-Barron disajikan ide untuk konferensi. Konferensi ini terdiri
dari 2.000 bankir AS di Miami, ini adalah setelah ATM pertama telah dipasang di
Inggris. Dia berbicara kepada konferensi tentang perangkat self-layanan
perbankan baru yang dikembangkan. Pada tanggal 31 Desember 2004, John
Shepherd-Barron, bernama OBE, Officer Pesanan dari Kerajaan Inggris oleh
Ratu. Itu untuk "layanan perbankan." Shepherd Barron
mengatakan: "Itu agak terlambat, tapi lebih baik terlambat daripada tidak
sama sekali." Siaran pers menyatakan bahwa Shepherd-Barron adalah
Penemu ATM. John Shepherd-Barron meninggal, pada bulan Mei 2010, di Skotlandia.
3. James Goodfellow
Sebagai seorang insinyur Pengembangan
dengan Smiths Industries Ltd, James Goodfellow diberi proyek. Itu untuk
mengembangkan dispenser kas otomatis pada tahun 1965. Chubb Lock &
Aman Co adalah untuk menyediakan perumahan fisik aman. Mereka juga
mengembangkan mekanisme dispenser mekanik. Mr Goodfellow merancang sistem
baru. Ini terdiri dari kartu mesin yang dapat dibaca dienkripsi, dan mesin
yang membacanya. Untuk ini ia menambahkan keypad numerik. Inggris
Paten No.1, 197.183 dengan tanggal prioritas tanggal 2 Mei 1966, meliputi
penemuan ini. Hal ini juga ditutupi oleh US Patent No.3, 905.461 dan Paten
yang diberikan oleh banyak negara lain.Paten ini daftar James Goodfellow
sebagai penemu, bersama dengan AIODavies akhir, General Manager
perusahaan. Ini Paten AS masih menggambarkan fungsi ATM dasar hampir 40
tahun kemudian. Mesin ini dipasarkan oleh Chubb LTD. Mereka dipasang
secara nasional di Inggris selama akhir tahun 60an dan awal 70-an.
4. Don Wetzel
Pada tahun 1968, menurut sebuah
wawancara NMAH, Don Wetzel, mengatakan ia adalah Wakil Presiden Perencanaan
Produk di Docutel. Perusahaan yang mengembangkan otomatis
bagasi-penanganan peralatan. Dia mengajukan permohonan paten pada mesin
ATM. Dia mengatakan ada dua penemu lain yang tercantum pada
paten. Mereka adalah Tom Barnes, seorang insinyur mekanik. George
Chastain, seorang insinyur listrik. Butuh waktu lima juta dolar untuk
mengembangkan ATM mereka menurut Mr Wetzel. Jika Anda ingin mengatakan
bahwa Wetzel dan perusahaan menemukan ATM, maka Anda mungkin ingin membaca
paragraf berikutnya.
5. John D. Putih
John D. Putih mengatakan ATMmachine.com
bahwa karyanya dimulai pada tahun 1968. Dia mengatakan kepada kami bahwa
ia menginstal ATM pertama di Rockville Center, LI untuk Chemical Bank kemudian
pada bulan Agustus 1973. Desain nya dipatenkan pada tanggal 9 Mei 1973
untuk Corporation Docutel dan diajukan pada tanggal 29 Juli 1970. Mesin
adalah "Kartu Kredit Mata Uang Dispenser Otomatis". Mr White
disediakan salinan paten untuk ATMmachine. com. Kami terakhir
mereka. Memang memang menyatakan bahwa penemu mesin itu John D. Putih dan
Kenneth Goldstein. Para penerima hak paten itu Corporation
Docutel. Ini adalah bukti yang sangat meyakinkan.Tampaknya itu Putih dan
tidak Wetzel yang menerima hak paten. Ada juga pernyataan dalam paten yang
mendukung gagasan ATM modern.
6. Yairus Larson
Yairus Larson mengatakan ATMmachine.com
ia tidak menemukan ATM. Tapi, sejauh yang dia tahu, dia mengembangkan yang
pertama ATM 'on-line'. Ini akan menjadi Diebold itu
"550". ATM pertama adalah versi semua 'off-line' (disebut di masa
lalu sebagai 'berdiri sendiri'). Berarti mereka tidak memiliki sarana
untuk berkomunikasi dengan jaringan bank. Hari ini ATM
"on-line". On-line dalam arti bahwa mereka berkomunikasi dengan
sistem komputer bank. Mr Larson cukup baik untuk memberi kita pandangannya
tentang bagaimana hal ini terjadi di tahun 1970-an.[3]
C. Sejarah Anjungan Tunai Mandiri.
ATM
pertama, atau mesin teller otomatis, diciptakan dan dipatenkan pada tahun 1939
oleh Luther Simjian. Model ini merupakan prototipe berhasil, tetapi memimpin jalan ke
ATM modern pertama, dibuat oleh James Goodfellow pada tahun 1966. Karena kemampuan untuk terhubung ke bank melalui komputer belum
tersedia, akses ke mesin ini hanya diberikan kepada nasabah bank pilih
beberapa. ATM pertama yang menggunakan kartu dengan
strip magnetik dipatenkan pada tahun 1977. Meskipun
mesin ini ada awal, itu tidak sampai akhir 1980-an yang menjadi lumrah dalam
ATM perbankan modern.[4]
D. Keuntungan Anjungan Tunai Mandiri
(ATM).
Keuntungan
utama menggunakan ATM adalah kenyataan bahwa Anda dapat memiliki akses ke uang
tunai di rekening bank Anda setiap kali Anda membutuhkannya. Jika, misalnya, Anda berada di
sebuah toko yang tidak mengambil cek atau kartu kredit tetapi memiliki ATM,
Anda dapat menarik uang untuk pembelian Anda. Ini juga berarti Anda dapat melakukan perjalanan di mana saja
tanpa uang tunai. Jika lokasi memiliki ATM dan
Anda memiliki kartu ATM Anda, Anda dapat mengakses uang Anda langsung.
1. ATM menyediakan layanan 24 jam
ATM menyediakan layanan putaran jam. Pelanggan dapat menarik uang
tunai upto batas tertentu selama setiap saat, siang atau malam.
2. ATM memberikan kemudahan bagi nasabah bank
ATM memberikan kemudahan kepada pelanggan. Sekarang-a-hari, ATM yang
terletak di tempat yang nyaman, seperti di pelabuhan udara, stasiun kereta api,
dll dan belum tentu di tempat Bank. Perlu dicatat bahwa ATM
dipasang off-site. (Jauh dari tempat bank) serta
di situs (diinstal dalam lokasi bank). ATM menyediakan mobilitas dalam
layanan perbankan bagi penarikan.
3. ATM mengurangi beban kerja staf bank.
ATM mengurangi tekanan kerja staf bank dan
menghindari antrian di tempat bank.
4. ATM menyediakan layanan tanpa kesalahan
ATM menyediakan layanan tanpa kesalahan. Pelanggan dapat memperoleh
jumlah yang tepat. Tidak ada kesalahan manusia
sejauh ATM yang bersangkutan.
5. ATM sangat bermanfaat bagi wisatawan
ATM adalah bantuan besar untuk wisatawan. Mereka tidak perlu membawa
sejumlah besar uang tunai dengan mereka. Mereka dapat menarik uang tunai
dari setiap kota atau negara, di seluruh negeri dan bahkan dari luar negeri
dengan bantuan ATM.
6. ATM dapat memberikan pelanggan catatan mata uang baru
Pelanggan juga mendapatkan catatan merek
mata uang baru dari ATM. Dengan kata lain, pelanggan tidak mendapatkan catatan
kotor dari ATM.
7. ATM menyediakan privasi dalam transaksi perbankan
8. Manfaat untuk
Bisnis
Ketika
konsumen menggunakan kartu ATM untuk membayar pembelian, dana yang disimpan
dengan cepat ke rekening bisnis. Dalam sesedikit 48 jam, bisnis akan memiliki akses ke uang dari
ATM transaksi kartu. Cek dapat memakan waktu hingga
tujuh hari untuk membersihkan, menempatkan terus pada dana diakses. Pemilik usaha membayar untuk menawarkan kenyamanan transaksi kartu
kredit untuk pelanggan mereka. Untuk setiap transaksi,
persentase kecil yang dibayarkan kepada perusahaan kartu kredit sebagai biaya
kenyamanan.Transaksi kartu ATM adalah win-win untuk kedua bisnis yang menerima
kartu ATM dan konsumen. Ketika konsumen membayar
pengecer dengan kartu ATM, pemilik bisnis tidak perlu membayar biaya. Dan, konsumen tidak perlu membayar bunga atau biaya tahunan ketika
menggunakan kartu ATM, seperti mereka akan dengan menggunakan kartu kredit.
9. Manfaat untuk Perjalanan
Ketika
Anda mencoba untuk berkemas cahaya, meninggalkan buku cek dan tumpukan uang kertas
di rumah. Satu kartu ATM yang sederhana
dapat membayar pembelian dengan dana langsung ditarik dari rekening Anda. Kartu kecil sederhana untuk diselipkan dalam tas kecil atau di
saku nyaman. Ketika kas diperlukan, mendapatkan nilai tukar
yang lebih baik di luar negeri dengan menggunakan kartu ATM. Mesin ATM asing menawarkan pengguna akses ke nilai tukar grosir,
yang sering lebih murah daripada membayar biaya layanan ketika bertukar uang
tunai atau cek perjalanan di bank asing atau kantor pertukaran mata uang.
10. Dapat digunakan sebagai kartu debit (Maestro).
11. Bebas dari antrian yang panjang.
12. Menghemat waktu, karena tidak lagi mengikuti prosedur
administrasi.
13. Selain menarik uang tunai juga dapat melihat saldo dan
melakukan pemindahbukuan.
14. Lebih gampang dicapai karena mesin ATM tersedia di
berbagai lokasi strategis.
15. Inquiry (Informasi) Saldo
16. Pembelian Voucher Isi Ulang
17. Pemindah bukuan
18. Pembayaran Kartu Kredit
19. Pembayaran Telepon (Telkom dan Telepon Seluler)
20. Pembayaran PAM
21. Pembelian Tiket Pesawat
E.
Kekurangan Anjungan Tunai Mandiri.
Terlepas dari apa departemen periklanan
ingin satu untuk percaya Visa tidak diakui hampir di mana-mana, tidak adalah
American Express, MasterCard atau bahkan setiap jenis kartu lainnya. Anda
mungkin harus berburu di sekitar untuk setiap mesin yang membutuhkan kartu
asing dan Anda dapat memaksimalkan peluang Anda dengan membawa kartu dari
beberapa perusahaan. Maestro / Cirrus sangat baik dan bersama dengan Visa
harus menjaga Anda tertutup. Amex tidak begitu diterima secara luas, tetapi
benar-benar cadangan berguna karena menawarkan akses ke kantor mereka di
seluruh dunia yang dapat menyediakan uang tunai dan bantuan lainnya pada saat
membutuhkan.
Ada penipuan di luar negeri hanya karena
ada di rumah dan itu semua juga sederhana untuk memiliki kartu Anda digunakan
dan digunakan untuk pembelian produk atau menarik uang, yang dapat merusak
liburan Anda. Anda tidak bertanggung jawab untuk akuisisi ini atau
penarikan selama Anda melaporkannya kepada perusahaan keuangan Anda pada waktu
yang tepat, tetapi tidak selalu mudah untuk mendapatkan kontak dengan
perusahaan Anda ketika Anda berada dalam sebuah bangsa yang berbahaya dan ada
perbedaan waktu .
Terus-menerus menyadari di mana Anda
berada dan memilih ATM yang terletak melekat pada atau dalam dari
bank. Mencoba untuk melindungi jumlah pin Anda dan jika Anda merasa tidak
nyaman mendapatkan mesin, hanya berjalan pergi.
Sebuah perangkat ATM dapat memilih untuk
menyimpan kartu Anda, yang telah terjadi kepada kami sebelum. Tidak ada
solusi hanya karena mimpi buruk ini. Anda kartu hilang dan juga Anda tidak
akan mendapatkannya kembali. Bank dapat memberikan Anda dengan sebuah
cerita tentang bank Anda di rumah memberitahu mereka untuk mengambil kartu yang
tidak mungkin menjadi kenyataan. Itulah sedikit kenyamanan untuk Anda
tetap ketika Anda duduk di sana dengan tidak ada kartu ATM.Karena alasan ini,
kami selalu membawa dua kartu dengan kami.
Itu salah satu sedikit keselamatan Anda
mampu membelinya sendiri. Dengan cara tidak hanya memiliki satu menandakan
memperoleh uang. Anda harus membawa minimal $ 100 dilipat kecil dalam
dompet Anda ditambah peringkat kartu kredit dari beberapa macam. Dengan
kata lain memiliki rencana cadangan, tidak menjaga diri rentan atau cashless.
Biaya adalah 1 dari kontra terbesar
memanfaatkan kartu ATM Anda di luar negeri. Anda akan membayar biaya dalam
banyak kasus tidak hanya untuk bank tetapi terhadap bank tuan rumah.Cobalah
untuk mengambil uang yang cukup pada setiap penarikan untuk membuat Anda secara
tunai untuk setidaknya beberapa hari, hal ini dapat memungkinkan Anda untuk
menjaga biaya Anda ke beberapa minimal telanjang.
Jika Anda mengandalkan ATM untuk
mempertahankan Anda berikan kartu hilang bisa mengeja bencana. Penyedia
kartu paling utama memiliki beberapa bentuk bantuan darurat didapat tapi bisa
mendapatkan waktu untuk penggantian untuk tiba.
Jauhkan kartu Anda dan uang tunai di
tempat terpisah sehingga hilangnya 1 bukanlah hilangnya semua. Menjaga
penerbit kartu nomor hotline dengan Anda juga, semakin cepat Anda dapat
membatalkannya dalam rangka mengurangi kesempatan itu dimanfaatkan mendapatkan
curang dan cepat pengganti bisa berada di jalan.
Akhirnya membawa beberapa dana darurat
hanya dalam situasi semuanya berjalan salah. Beberapa US $ 100 tagihan
dapat pergi panjang dan bangun ruang yang sangat kecil. Ini mungkin
mendapatkan beberapa mencoba untuk menemukan seseorang yang bersedia untuk
bertukar mereka tetapi mereka benar-benar bisa menghemat perjalanan Anda.
Tahu bahwa tidak semua mesin ATM akan
menerima kartu ATM sembarang. Jaringan perbankan menghubungkan hanya ke
jaringan tertentu dan ini bukan sebuah jaringan universal, bank Anda mungkin
tidak terakreditasi untuk satu jaringan dibandingkan dengan orang
lain. Anda dapat mencari secara online ke web dari logo yang kartu ATM
Anda hadir untuk Anda, itu baik di belakang kartu atau di depan, atau Anda
dapat memberikan panggilan ke nomor bebas pulsa dari kartu ATM Anda untuk
verifikasi ke alamat dari mesin ATM yang menerima kartu Anda. Ini adalah
praktek bijaksana untuk melakukan hal-hal awal ketika Anda baru saja akan
meninggalkan negara Anda.
Harus menggunakan kartu ATM Anda pasti
dapat menghemat waktu besar dan aman menghemat uang, juga menggunakannya mudah
dan dengan sedikit kerepotan membuatnya sangat menguntungkan saat bepergian ke
luar negeri. Saran terakhir adalah memiliki segalanya terakhir, seperti
kebijakan bank Anda dan pedoman lain untuk menghindari sakit kepala atau
cegukan pada liburan Anda seharusnya bahagia.
F. Penanganan Keluhan (Complain) Nasabah menggunakan
Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Adakalanya ketika terjadi suatu masalah
bagi nasabah maka mereka akan melakukan suatu komplain dengan menyampaikan
keluhan kepada bank. Maka dari itu sebagai bank yang baik harus bisa melakukan
pelayanan komplain tersebut, ini berarti menunjukkan kualitas pelayanan atau
responsiveness dalam upaya membantu nasabah menghadapi masalah. Salah satu
masalah yang dihadapi nasabah yaitu pada saat bertransaksi dengan mesin ATM.
Banyak ditemukan masalah oleh nasabah ketika menemukan
Anjungan Tunai Mandiri yang dikatakan
tidak bisa digunakan atau offline, penyebab mesin
ATM offline yaitu :
1. Reject Full atau kotak reject penuh bisa disebabkan
karena terlalu banyak
2. uang yang ter-reject di dalam Purge Bin (tempat
penyimpanan uang rusak
3. atau lengket).
4. Cash Handler Error atau Pengolahan uang bermasalah
disebabkan adanya masalah pada modul Dispenser (alat pengolahan jumlah uang),
adanya uang yang menyangkut atau ada bagian dari modul Dispenser yang rusak.
5. Printer Faulted adalah masalah pada bagian printer di
dalam ATM yang meyebabkan struk transaksi tidak tercetak, dalam hal ini ATM
masih dapat bekerja.
6. MCRW (Magnetic Card Read Write) Faulted,
atau alat pembaca kartu bermasalah merupakan masalah pada modul pembaca kartu
nasabah, yang bisa disebabkan dari kartunya atau dari alat pembaca MCRW.
7. Communication Down, atau jaringan lemah merupakan
masalah yang disebabkan karena terputusnya koneksi di ATM, yang bisa disebabkan
dari Card Communication pada ATM serta dari HOST (jaringan internet pusat ATM).
8. Mesin ATM Kotor Sensor tidak Bekerja Optimal,
biasanya secara rutin dari pihak vendor ( pihak ke-3 penyedia mesin) akan
melakukan maintenance rutin terhadap ATM, sehingga seluruh system, sensor dan
jaringan yang ada di mesin ATM dapat bekerja dengan baik.
Ada beberapa masalah-masalah lain yang
dihadapi nasabah ketika menggunakan ATM antara lain, Yaitu :
1. Kartu ATM sangkut, dimana kartu ATM nasabah tidak bisa
keluar dari mesin, maka nasabah harus melakukan laporan kepada pihak bank penyedia
ATM agar segera menindak lanjuti masalah tersebut.
2. Uang yang keluar tidak sesuai dengan yang di inginkan
atau tidak keluar sama sekali, dan tidak sesuai dengan laporan uang yang
ditampilkan. Ketika nasabah mengambil uang dan ternyata terdapat perbedaan
dengan laporannya, nasabah bisa segera mengkomplain kepada bank pihak penyedia
ATM.
3. Nomor pin yang salah dimasuki, apabila nasabah
salah memasuki pin sebanyak 3 (tiga) kali, maka kartu ATMnya akan
diblokir, nasabah dapat mengulangi memasuki nomor pin setelah 1 x 24jam setelah
terjadi kesalahan pemasukan nomor sebelumnya. Apabila nasabah lupa dengan
nomor pinnya, maka nasabah bisa menghubungi bank untuk meminta kembali
nomor pinnya disertai bukti-bukti yang benar. Pada bank setiap, diberikan
jasa layanan untuk membantu nasabah dalam menghadapi masalah pada ATM, nasabah
G. Cara kerja Anjungan Tunai Mandiri
Penggunaan ATM oleh nasabah dimungkinkan
dengan adanya Kartu ATM. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin ATM, maka
kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari
magnetic card reader hanya sebagai pembaca dan penerima data. Setelah dibaca,
lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank. Karena fungsinya hanya
sebagai penerima data maka magnetic card reader tidak memiliki memori yang bisa
menyimpan data nasabah.
Data yang Diacak Saat mesin berhasil
membaca data dalam Kartu ATM tersebut, maka mesin akan meminta data PIN
(Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM
melainkan harus di-input oleh nasabah. Kemudian setelah PIN dimasukkan, maka
data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke
sistem komputerasi bank bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar
data yang dikirim tidak bisa terbaca oleh pihak lain.
PIN yang sudah diacak berikut isi data
dari kartu akan dikirim langsung ke sistem komputer bank untuk diverifikasi.
Setelah data selesai diproses di sistem komputer bank, maka data akan dikirim
kembali ke ATM. Nasabah akan dapatkan apa yang yang dimintanya di ATM.
Perlu nasabah ketahui bahwa mesin ATM
tidak menyimpan data nasabah maupun PIN nasabah. Ini karena prinsip kerja mesin
ATM hanya menyampaikan pesan (pass through request) nasabah ke sistem komputer
bank bersangkutan.
H. Pentingnya Kartu ATM dan PIN
Karena cara kerja ATM seperti tersebut
di atas, maka ada dua hal yang sangat penting untuk dijaga agar transaksi
nasabah di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan PIN. Kedua perangkat ini seperti
gembok pintu dan anak kuncinya. Satu dengan lainnya saling berhubungan erat.
Sebab itu pula, untuk menjaga keamanan,
jangan pinjamkan Kartu ATM kepada orang lain untuk kepentingan apapun.
Simpanlah Kartu ATM pada tempat-tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau
orang lain.
Sedangkan untuk PIN, beberapa hal yang perlu
diperhatikan oleh nasabah dalam menjaga kerahasiaannya adalah:
1.
Jangan
pernah memberitahukan PIN kepada orang lain Sedapat mungkin jangan sampai ada
yang lihat saat kita meng-input PIN
2.
Ganti PIN
secara berkala
3.
PIN
jangan sesuatu yang mudah ditebak, misalnya tanggal lahir
4.
Jangan
menyimpan surat pemberitahuan PIN dari bank di dalam dompet
5.
Jangan
mencatat PIN dan menyimpannya dalam dompet
6.
PIN
menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari pemilik rekening PIN ini bersifat sangat
pribadi, untuk itu artinya hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Dengan menjaga
kerahasiaan PIN maka nasabah menjaga keamanan rekeningnya sendiri.
[1].Ricojacson, Pengertian Atm/Anjungan Tunai Mandiri (Tulisan
Softskill Terapan Komputer Perbankan), http://ricojacson.wordpress.com/2011/06/01/pengertian-atm-anjungan-tunai-mand
iri-tulisan-softskill-terapan-komputer-perbankan/, (diakses, 23 April 2014 )
[2].Alamazharian, Jenis-Jenis Kartu Terbitan Bank, http://alamazharians.blogspot.com/
2011/12/jenis-jenis-kartu-terbitan-bank.html
, Di akses tanggal 24 april 2014
[3]
Anthony Miller, Penemu
ATM, http://ridwanaz.com/umum/pengertian-kartu-atm-dan-kartu-debit/, (diakses, 24 April 2014)
[4] Nicole Harms, eHow Contributor, Keuntungan Menggunakan ATM, www.d..wikipedia
.org.blog.unila.ac.id (diakses,24
April 2014)
0 comments:
Post a Comment